Tempat Wisata Bali yang sering dikunjungi (part 1)

Tempat wisata Bali- kata ini sering kali muncul ketika kita merencanakan untuk berlibur ke pulau dewata. Bali memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. sebaiknya sebelum memutuskan pergi ke suatu tempat wisata kita mencari referensi tentang objek wisata yang ingin kita kunjungi. Kalau kita lihat paket yang di tawarkan oleh setiap travel agent ( agen perjalanan wisata) di bali mungkin sebagian dari kita merasa kebingungan karena sepertinya ada banyak sekali tempat yang di kunjungi.

Akan tetapi kalau di lihat lebih teliti, setiap tour agen menawarkan tempat wisata yang sama, hanya dengan variasi yang sedikit berbeda. satu lagi hal yang penting, jangan tertipu dengan harga murah, karena bisa saja tujuan wisata yang di cantumkan tidak sesuai dengan keinginan kita. oleh karena itu kita sangat perlu tahu Tempat wisata di bali yang sering di kunjungi atau di masukan dalam paket tour di Bali.

Daftar Tempat Wisata di Bali yang sering masuk ke dalam Paket Tour di Bali

Paket tour menjadi pilihan yang menurut saya lebih hemat dan dari awal kita sudah bisa menghitung biaya yang perlu di persiapkan selama berlibur di Bali. hal ini di sebabkan, dalam paket tour biasanya sudah termasuk sewa mobil, BBM, jasa sopir, tiket wisata, serta makan siang atau makan malam.

Agar lebih mudah, saya akan membuatkan daftar tempat wisata di kelompokan dalam masing-masing Kabupaten.

Tempat Wisata di Kabupaten Badung.

1.Tanjung Benoa 

Pantai Tanjung Benoa merupakan salah satu pantai yang memiliki memiliki pasir putih dan ombak nya yang relatif tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk tujuan liburan bersama keluarga. Seperti pantai lainnya, Pantai Tanjung  Benoa juga akan memberikan anda tempat wisata yang memiliki keunikan dan keindahannya sendiri.
    Dengan mudahnya  akses  menuju Pantai Tanjung Benoa membuat banyak wisatawan datang ke tampat ini. Di kawasan pantai ini juga tersedia areal parkir kendaraan, kios cenderamata, hotel dan rumah makan di sekitar pantai serta kebersihan nya juga cukup terjaga.

    Tempat ini sangat bagus bagi Anda yang menyukai olahraga air yang tidak boleh lewatkan. Beragam kegiatan olahraga air yang ada di pantai ini adalah banana boat, jet ski, parasailing, snorkeling, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Selain olahraga air, pesona lain pantai ini adalah Pulau Penyu. Disebut Pulau Penyu, karena pulau ini merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang sudah mulai langka. Pulau ini yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dengan perahu.

    Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus menaiki perahu beralas kaca alias glass bottom yang memungkinkan menikmati pemandangan bawah laut selatan Bali yang indah. Tarif sewa perahu sekitar Rp 50.000 per orang.

    Para wisatawan dapat dinikmati olahraga air mulai jam 8 pagi sampai 2 siang. Semua olahraga air dilengkapi oleh pemandu dan harga sudah termasuk asuransi sehingga keselamatan Anda selalu terjamin.

    Harga yang dikenakan untuk menikmati berbagai sarana olahraga air itu pun bermacam-macam dengan jaminan wisatawan akan merasa puas setelah menikmati olahraga air tersebut.

    Galery Tanjung Benoa:

    Tanjung benoa banana boat
    Banana boat di Tanjung benoa

    Tanjung benoa parasailing
    Parasailing di tanjung benoa

    Suasana di Tanjung benoa
    Suasana di Tanjung benoa

    2. GWK ( Garuda Wisnu Kencana) Bali
    GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan
, Kabupaten Badung 80364. Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit, tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar. Jika anda membutuhkan peta lokasi menuju GWK Bali, silakan gunakan link ini. Peta Lokasi Garuda Wisnu Kencana Bali.

    Garuda Wisnu Kencana atau terkenal dengan sebutan GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya Garuda Wisnu Kencana, tempat wisata GWK Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan Asing. Banyak wisatawan mengatakan, objek wisata Garuda Wisnu Kencana salah satu objek wisata di Bali yang harus dikunjungi.

    Taman budaya Garuda Wisnu Kencana merupakan jendela seni dan budaya Pulau Dewata dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan.

    Area ini dulu aslinya adalah bukit batu yang miring dan terjal lalu di ubah menjadi kawasan yang indah dan menakjubkan dengan arsitektur yang menawan. Pelaksanaan pengerjaannya dengan cara Bukit dipotong-potong menjadi pilar-pilar raksasa seperti bangunan di mesir tapi tetap dengan nuansa Bali.

    Dari kawasan Taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini kita bisa melihat betapa indahnya pemandangan Pantai Kuta, Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa.

    Suasana di gwk bali
    Suasana di gwk bali

    patung wisnu di gwk bali
    patung wisnu di gwk bali

    patung garuda di gwk bali
    patung garuda di gwk bali

    3. Pura Uluwatu
    Pura Uluwatu terletak 30 km selatan Kota Denpasar, atau 15 km dari Bandara Ngurah Rai. Pura ini memiliki daya tarik tersendiri, karena batu karang yang ada ditumbuhi semak-semak yang dihuni ratusan kera-kera jinak dan dilindungi oleh masyarakat sekitar.

    Tempat suci umat Hindu itu berdiri megah di ketinggian 97 meter di atas permukaan laut berpijak pada anjungan batu karang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut, di ujung barat daya Pulau Bali, ini yang menjadikan daya pikat setiap turis yang berkunjung ke sini.

    Lokasi pura ini dinilai sangat indah dan menakjubkan, karena berada di atas tebing yang langsung menghadap ke laut lepas. Suasana ini membuat Pura Uluwatu yang didirikan sekitar abad XI semakin terkesan kesakralan nya

    Tebing yang curam dan tinggi di pura ini merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat. Turis tentu senang bisa menyaksikan suasana matahari terbenam yang dipadukan dengan hamparan laut serta deburan ombaknya.

    Selain daya tarik tersebut, wisatawan juga dapat menyaksikan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Uluwatu. Tari ini dimainkan oleh 50-100 orang penari. Penari kecak akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih.

    Para penari umumnya laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas tari kecak adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari penari laki-laki sambil saling bersahut-sahutan. Biasanya tarian Kecak Uluwatu dipentaskan pada pukul 18.00-19.00 WITA.

    tari kecak di uluwatu bali
    tari kecak di uluwatu bali

    Menyaksikan sunset di pura uluwatu bali
    Menyaksikan sunset di pura uluwatu bali

    4. Pantai Jimbaran
    Jimbaran Bali adalah nama desa di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Berlokasi di daerah selatan pulau Bali, kurang lebih 15 menit dari bandara internasional Ngurah Rai. Di pantai Jimbaran terdapat cafe-cafe yang menghidangkan makanan laut (seafood). Selain itu kawasan Jimbaran tempat wisata di Bali, juga sangat terkenal dengan terdapatnya hotel-hotel mewah. Sebelum berkembang menjadi tempat wisata, Jimbaran dulunya adalah desa para nelayan. Sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan menjadi nelayan. Saat ini sudah berubah, hampir sebagian besar dalam mencari nafkah, penduduk Jimbaran bergerak dalam bidang pariwisata.

    Jika anda ingin menikmati pemandangan sunset dan hidangan makanan laut yang di bakar, tempat wisata Jimbaran salah satu yang terbaik, yang bisa anda dapatkan di pulau dewata. Begitu banyak tersedia seafood cafe di daerah ini, menawarkan beraneka ragam menu dengan harga yang bervariasi. Waktu terbaik untuk berkujung ke Jimbaran tempat wisata di Bali adalah sebelum matahari terbenam atau sekitar jam 17:00. Jika anda datang pada jam 17:00, pantai sudah tidak panas lagi dan pemandangan sunset belum di mulai. Di saat anda berlibur ke Bali, kami sarankan kepada anda, agar jangan sampai anda melewatkan moment indah ini, selama anda di pulau dewata bersama teman atau keluarga anda.

    Suasana malam di Jimbaran
    Suasana malam di Jimbaran

    Sunset di Jimbaran Bali
    Sunset di Jimbaran Bali



    Tempat Wisata di Kabupaten Gianyar.

    1. Bali Zoo
    Objek wisata bali zoo park merupakan salah satu objek wisata yang populer di Provinsi Bali. Bali zoo park merupakan sebuah kebun binatang yang terletak di desa singapadu Gianyar, Bali. Bali zoo park berdiri pada tahun 2002 silam. Bali zoo park merupakan sebuah kebun binatang dengan koleksi lebih dari 350 jenis hewan reptil, mamalia dan unggas serta binatang binatang langka dari dalam maupun luar negeri. Jika anda ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga anda, kebun binatang bali ini bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata anda. Selain berwisata anda juga bisa memberikan edukasi kepada anak-anak seputar hewan-hewan dari berbagai jenis dan asalnya.

    Kebun Binatang Bali berlokasi di Desa Singapadu, Gianyar, berjarak lebih kurang 6 KM dari kota Denpasar atau 30 menit perjalanan jika ditempuh dari Kuta. Kebun Binatang Bali memiliki luas lebih kurang 12 hektar. Disini anda bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai koleksi satwa-satwa dari indonesia maupun dari luar negeri. Beberapa satwa koleksi Bali Zoo Park diantaranya ular, iguana, kura-kura, harimau sumatera, orang utan, kasuari serta satwa khas bali yaitu Burung jalak Putih selain itu masih banyak lagi koleksi satwa milik kebun binatang bali. Bali zoo park didirikan bertujuan sebagai wahana rekreasi serta sebagai tempat konservasi dan mengembangbiakan satwa langka.

    Fasilitas lain yang tersedia di Bali Zoo Park adalah Tree walk Adventure, yang menjadi bisa menjadi tantangan adrenalin anda dan keluarga. Tree walk Adventures ini dilengkapi dengan Flaying Fox yang panjangnya kurang lebih 125 meter. Berikut beberapa paket dan harga untuk tiket masuk Bali Zoo Park serta harga dari beberapa wahana yang tersedia di Bali Zoo Park

    elephant ride ( naik gajah) di bali zoo park
    elephant ride ( naik gajah) di bali zoo park

    Singa di bali zoo park
    Singa di bali zoo park

    Photo Momen bersama binatang di bali zoo park
    Photo Momen bersama binatang di bali zoo park

    2. Desa Batubulan
    Desa Batubulan memiliki luas sekitar 6.422 kilometer persegi ini merupakan desa yang unik karena sebagian besar penduduknya memiliki keahlian membuat patung dan ukiran. Kemampuan tersebut diwariskan secara turun temurun dan tetap berkembang hingga sekarang. Oleh karena pesatnya keahlian penduduk desa ini, maka di sepanjang jalan yang membelah Desa Batubulan terdapat berbagai galeri dan toko kesenian (art shop) yang menjual karya seni maupun kerajinan.

    Desa ini juga memiliki lokasi tetap pertunjukan kesenian yang khusus disajikan untuk wisatawan, antara lain di Banjar Dejalan, Pura Puseh, Jalan Tahak SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia), serta di Banjar Tagehe. Pertunjukan seni meliputi Tari Barong, Tari Kecak, dan Tari Legong. Untuk Tari Barong, pertunjukan biasanya diadakan setiap hari, yaitu dimulai pada jam 9.30 WITA, sementara untuk Tari Kecak dipentaskan pada jam 18.30 WITA. Untuk mendukung berbagai keunggulan di bidang kesenian dan memantapkan citra Batubulan sebagai desa seni dan wisata, di desa ini telah dibangun berbagai sekolah kejuruan di bidang kesenian, misalnya Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR), Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK), serta Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI).

    Selain menyaksikan pertunjukan tari, salah satu agenda wisata yang biasa dilakukan oleh wisatawan di desa ini adalah berbelanja aneka cenderamata yang dijual oleh toko-toko suvenir maupun galeri seni yang ada di sepanjang jalan Desa Batubulan. Benda-benda seni seperti patung maupun ukiran merupakan cenderamata khas dari desa ini

    Gallery Patung di Batubulan
    Gallery Patung di Batubulan

    Pertunjukan tari barong & kris di batubulan
    Pertunjukan tari barong & kris di batubulan

    Pertunjukan tari kecak di batubulan
    Pertunjukan tari kecak di batubulan

    3. Desa Celuk
    Celuk adalah sebuah desa dengan hasil produksi seni kerajinan yang tersohor, sehingga menjadi objek wisata sehingga identik sebagai penghasil kerajinan emas dan perak terkenal di Bali, bahkan sampai ke mancanegara. Sebagai desa terkenal kemudian menjadi tujuan wisatawan domestik maupun asing, Celuk dapat dikunjungi, buka setiap hari dari pagi sampai sore, para pelancong bisa datang dan berkunjung ke sini untuk melihat dari dekat para seniman di sini, berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi bermutu tinggi. Di sini kita juga bisa membeli langsung perhiasan-perhiasan di etalase yang dipajang langsung di workshop para seniman.

    Celuk mulai dikenal sebagai desa pengerajin emas dan perak sejak tahun 1976. Pada saat itu obyek wisata di Bali mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara. Hasil kerajinan emas dan perak yang dihasilkan di Celuk memiliki kualitas yang tinggi dan dapat memproduksi dalam jumlah yang besar. Hampir semua penduduk setempat bekerja sebagai pengerajin perak dan bergerak dalam usaha jual perak Bali. Mereka sangat terampil dalam mengembangkan desain dan kreasi yang terkait dengan kerajinan emas dan perak. Hasil produksi tersebut sudah memasuki pasar lokal, nasional maupun internasional. Barang-barang yang dihasilkan antara lain cincin, gelang, kalung, anting-anting, bross maupun jenis perhiasan yang lain. Barang cendramata dari emas maupun perak seperti patung, sendok, garpu, juga diproduksi disini dan merupakan komoditi ekspor.

    Contoh hasil pengerajin perak celuk bali
    Contoh hasil pengerajin perak celuk bali

    wisatawan melihat proses pembuatan kerajinan perak di celuk bali
    wisatawan melihat proses pembuatan kerajinan perak di celuk bali



    4. Pasar Seni Sukawati
    Pasar yang satu ini memang sangat terkenal bagi kalangan wisatawan domestik. Anda bisa berbelanja kain pantai, celana dan pakaian dengan motif-motif Bali, tas anyaman khas Bali, sampai sandal-sandal mote yang cantik.

    Lukisan-lukisan Bali termasuk yang diburu di pasar ini. Karena pasar ini dekat dengan desa-desa pusat pembuatan kerajinan Bali, maka Anda akan menemukan banyak model patung dan ukiran Bali. Pasar Sukawati terletak di perbatasan antara Denpasar dan Gianyar. Seakan menjadi “pintu” pertama untuk masuk ke Gianyar.

    Sebaiknya datang di pagi hari, saat belum banyak orang yang datang untuk berbelanja. Proses menawar pun lebih mudah dilakukan di pagi hari, saat pedagang baru memulai aktivitas. Sebab, “pamali” jika menolak pembeli di awal berdagang. 
    Penjual makanan tradisional di pasar seni sukawati
    Penjual makanan tradisional di pasar seni sukawati

    Suasana di pasar seni sukawati
    Suasana di pasar seni sukawati


    Berhubung saya sudah capek, maka artikel ini saya lanjutkan nanti saja. masih ada banyak tempat wisata di bali yang menarik untuk di bahas. jadi pastikan anda menjadi yang pertama mengetahui update cerita tentang wisata di bali dengan mengirimkan email.

    Jika anda mendapat manfaat dari tulisan ini, silahkan di share ke teman teman anda.

    Terima kasih


    Semua tempat yang saya bahas di sini ada dalam paket tour yang di tawarkan oleh : bali holidays tour


    Postingan terkait:

    Belum ada tanggapan untuk "Tempat Wisata Bali yang sering dikunjungi (part 1)"

    Post a Comment